Barang Milik Negara EBT Jadi Senjata Pemerintah Redam Pemanasan Global

By | July 23, 2022

Direktur Jenderal Barang Milik Negara (DJKN) Direktur Barang Milik Negara (BMN) Encep Sudarwan mengatakan, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menyediakan BMN di bidang energi baru dan terbarukan. Untuk melawan pemanasan global.

Kita semua berkomitmen untuk memerangi pemanasan global. Ketergantungan Indonesia pada energi tak terbarukan sebagian besar adalah batubara,” kata Encep dalam presentasi DJKN, Jumat (22/7/2022).

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Hal ini sejalan dengan pembahasan Presidensi G20 Indonesia. Dimana Indonesiaconcrete mengupayakan hasil, khususnya di bidang green finance.

Indonesia akan menjadi contoh. Kita mau bicara batu bara atau energi terbarukan, Indonesia menciptakan Energy Transition Mechanism (ETM),” ujarnya.

Dalam rangka mewujudkan green finance, pemerintah menyediakan BMN energi baru terbarukan melalui Kementerian Keuangan.

Departemen Keuangan dengan kebijakan yang ada mendukung hal ini. Tentu kami dari pimpinan BMN yaitu dalam Program Penempatan Energi Baru dan Terbarukan BMN,” ujarnya.

Selain itu, Encep menjelaskan, BMN adalah semua barang yang dibeli atau diterima atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau berasal dari pembelian lain yang sah.

Ini termasuk hibah atau sumbangan, pelaksanaan perjanjian kontrak, ketentuan peraturan perundang-undangan serta keputusan pengadilan akhir.

Sedangkan nilai BMN Kementerian ESDM yang dilaporkan mencapai Rp26,67 miliar (sumber: LBMN tahun 2021). Ia mengatakan bahwa pengelolaan BMN tidak dapat sepenuhnya dikelola oleh ESDM tetapi dapat dilimpahkan statusnya kepada kementerian/lembaga lain.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Kemudian ESDM ini penting, asetnya cukup besar, sekitar Rp 26,67 miliar. Dalam penatausahaan barang milik negara, istilah administrasi dipakai di Satker, ada yang dilimpahkan ke Kementerian atau ke lembaga lain, nanti banyak yang dihibahkan atau dilimpahkan, sehingga tidak selalu harus dikelola oleh ESDM seler Puri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *