Gara-Gara Cabai, Inflasi Juli 2022 Diperkirakan Capai 0,59 Persen

By | July 16, 2022

Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi sebesar 0,59 persen untuk Juli 2022. Hal ini berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) pada minggu kedua Juli 2022, dengan pergerakan harga terkendali.

Secara statistik Survei Pemantauan Harga pada minggu kedua Juli 2022, perkembangan inflasi diperkirakan 0,59 persen secara bulanan hingga minggu kedua Juli 2022,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Hartieryono di Jakarta, Freightitag dari Antara, 15.7.) .

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Komoditi utama yang memberikan sumbangan inflasi pada Juli 2022 sampai dengan minggu kedua adalah cabai merah 0,20 persen bulan ke bulan, bawang merah 0,13 persen bulan dan perjalanan udara dan 0,07 persen bulan ke bulan.

Selain itu, tomat diperkirakan memberikan kontribusi 0,03 persen bulanan terhadap inflasi, daging ayam, pasta kering, nasi dengan lauk pauk, bahan bakar rumah tangga (BBRT), senapan saringan minuman PAM.

Sementara itu, komoditi yang memberikan sumbangan deflasi pada periode tersebut adalah minyak goreng yang naik 0,04 persen bulan ke bulan, serta telur ayam ras, kangkung, sawi hijau, jeruk, bawang putih dan emas perhiasan yang masing-masing naik 0,01 persen bulan ke bulan.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Untuk itu, BI mengatakan akan terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah dan instansi terkait serta lebih mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk memastikan stabilitas makroekonomi dan stabilitas sistem keuangan.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulanan sebesar 0,61 persen pada Juni 2022. Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan sumbangan inflasi pada Juni 2022 antara lain cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan telur ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.